PENILAIAN KINERJA GURU
PETUNJUK
1. Kumpulkan dokumen perangkat
pembelajaran dari guru sebelum pengamatan pembelajaran, cacatan hasil pengamatan selama dan
sesudah pembelajaran, serta cacatan
kemajuan dan hasil belajar peserta didik.
2. Baca dengan cermat butir penilaian
kinerja dan rubrik penilaian dan selanjutnya bandingkan hasil analisis dokumen
sebelum pengamatan pembelajaran, cacatan
hasil pengamatan selama dan sesudah
pembelajaran, serta cacatan kemajuan dan hasil belajar peserta didik, untuk
menetapkan butir penilian kinerja terpenuhi atau tidak.
3. Jika masing-masing butirdalam rubrik penilaian
terpenuhi secara utuh, maka nyatakan dengan YA dengan memberi tanda (√) dan jika
masing-masing butir pernyataan tersebut hanya sebagian atau tidak utuh
terpenuhi maka nyatakan dengan TIDAK dengan memberi tanda (√).
I.
PERENCANAAN PEMBELAJARAN
1.
Indikator Kinerja 1.1: Guru
memformulasikan tujuan pembelajaran
dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik
peserta didik.
Dokumen yang
Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap
(misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran,
Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik, Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, dan
lain-lain)
BUTIR PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK PENILAIAN
|
a. Tujuan pembelajaran
dirumuskan dan dikembangkan
berdasarkan SK/KD yang akan dicapai.
|
a.
Tujuan pembelajaran yang dirumuskan di RPP telah
mencakup semua indikator ketercapaian hasil belajar.
|
b. Tujuan pembelajaran memuat
gambaran proses dan hasil belajar yang dapat dicapai oleh peserta didik
sesuai dengan kebutuhan belajarnya
|
b.
Tujuan pembelajaran dalam RPP dirumuskan dengan kata
kerja yang jelas (tidak menimbulkan penafsiran ganda), dapat dikerjakan
(peserta didik dapat melakukannya) dan terukur (dapat dinilai hasilnya baik
secara tertulis, lisan maupun bentuk hasil kerja peserta didik lainnya
|
c. Tujuan pembelajaran disesuaikan
dengan kebutuhan belajar peserta didik
|
c.
Tujuan pembelajaran di RPP dijenjangkan sesuai
dengan tingkat an kelas
|
2.
Indikator1.2 Guru menyusun bahan ajar secara runut, logis, kontekstual
dan mutakhir.
Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP), Bahan
Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik, Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, dan lain-lain)
BUTIR PENILAIAN
KINERJA
|
RUBRIK PENILAIAN
|
a. Bahan ajar disusun dari yang
sederhana ke kompleks, mudah ke sulit dan/atau konkrit ke abstrak sesuai
dengan tujuan pembelajaran
|
a. Bahan ajar disusun dari yang
sederhana ke kompleks, mudah ke sulit dan/atau konkrit ke abstrak sesuai
dengan tujuan pembelajaran
|
b. Keluasan dan kedalaman bahan
ajar disusun dengan memperhatikan potensi peserta didik (termasuk yang cepat
dan lambat,motivasi tinggi dan rendah)
|
b. Keluasan dan kedalaman bahan
ajar disusun dengan memperhatikan potensi peserta didik, misalnya
peserta didik yang belajarnya cepat atau lambat, peserta didik yang memiliki
motivasi tinggi dan rendah
|
c. Bahan ajar dirancang sesuai
dengan konteks kehidupan dan perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi.
|
c. Bahan ajar dirancang sesuai
dengan konteks kehidupan dan perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi.
|
d. Bahan ajar dirancang dengan menggunakan
sumber yang bervariasi (tidak hanya buku pegangan peserta didik)
|
d. Bahan ajar dirancang dengan menggunakan
sumber yang bervariasi aatau guru mengajar tidak hanya menggunakan buku
pegangan peserta didik tetapi juga sumber-sumber lain yang relevan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar