Senin, 29 Oktober 2012

Rbrik Penilaian PK-Guru Mapel, K 1.1 dan K 1.2


VIII. RUBRIK
PENILAIAN KINERJA GURU

PETUNJUK
1.    Kumpulkan dokumen perangkat pembelajaran dari guru sebelum pengamatan pembelajaran,  cacatan hasil pengamatan selama dan sesudah  pembelajaran, serta cacatan kemajuan dan hasil belajar peserta didik.
2.    Baca dengan cermat butir penilaian kinerja dan rubrik penilaian dan selanjutnya bandingkan hasil analisis dokumen sebelum pengamatan pembelajaran,  cacatan hasil pengamatan selama dan sesudah  pembelajaran, serta cacatan kemajuan dan hasil belajar peserta didik, untuk menetapkan butir penilian kinerja terpenuhi atau tidak.
3.    Jika masing-masing butirdalam rubrik penilaian terpenuhi secara utuh, maka nyatakan dengan YA dengan memberi tanda (√) dan jika masing-masing butir pernyataan tersebut hanya sebagian atau tidak utuh terpenuhi maka nyatakan dengan TIDAK dengan memberi tanda (√).


I.          PERENCANAAN PEMBELAJARAN

1.         Indikator Kinerja 1.1: Guru memformulasikan tujuan  pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik.

                Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, dan lain-lain)

BUTIR PENILAIAN KINERJA

RUBRIK PENILAIAN

a.       Tujuan pembelajaran dirumuskan  dan dikembangkan berdasarkan SK/KD yang akan dicapai.
a.       Tujuan pembelajaran yang dirumuskan di RPP telah mencakup semua indikator ketercapaian hasil belajar.
b.      Tujuan pembelajaran memuat gambaran proses dan hasil belajar yang dapat dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kebutuhan belajarnya

b.      Tujuan pembelajaran dalam RPP dirumuskan dengan kata kerja yang jelas (tidak menimbulkan penafsiran ganda), dapat dikerjakan (peserta didik dapat melakukannya) dan terukur (dapat dinilai hasilnya baik secara tertulis, lisan maupun bentuk hasil kerja peserta didik lainnya
c.       Tujuan pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan belajar peserta didik
c.       Tujuan pembelajaran di RPP dijenjangkan sesuai dengan tingkat an kelas 




2.         Indikator1.2 Guru menyusun  bahan ajar secara runut, logis, kontekstual dan mutakhir.

Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, dan lain-lain)

BUTIR PENILAIAN KINERJA

RUBRIK PENILAIAN

a.       Bahan ajar disusun dari yang sederhana ke kompleks, mudah ke sulit dan/atau konkrit ke abstrak sesuai dengan tujuan pembelajaran
a.       Bahan ajar disusun dari yang sederhana ke kompleks, mudah ke sulit dan/atau konkrit ke abstrak sesuai dengan tujuan pembelajaran
b.      Keluasan dan kedalaman bahan ajar disusun dengan memperhatikan potensi peserta didik (termasuk yang cepat dan lambat,motivasi tinggi dan rendah)

b.      Keluasan dan kedalaman bahan ajar disusun dengan memperhatikan potensi peserta didik, misalnya peserta didik yang belajarnya cepat atau lambat, peserta didik yang memiliki motivasi tinggi dan rendah

c.       Bahan ajar dirancang sesuai dengan konteks kehidupan dan perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi.


c.       Bahan ajar dirancang sesuai dengan konteks kehidupan dan perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi.

d.      Bahan ajar dirancang dengan menggunakan sumber yang bervariasi (tidak hanya buku pegangan peserta didik)
d.      Bahan ajar dirancang dengan menggunakan sumber yang bervariasi aatau guru mengajar tidak hanya menggunakan buku pegangan peserta didik tetapi juga sumber-sumber lain yang relevan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar