Senin, 29 Oktober 2012

Rubrik Kegiatan Pembelajaran PK-Guru


II. PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG AKTIF DAN EFEKTIF
1.         Indikator Kinerja 2.1: Kemampuan Memulai Pembelajaran yang Efektif Membuka Proses Pembelajaran

Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, dan lain-lain)

BUTIR PENILAIAN KINERJA

RUBRIK PENILAIAN

a.     Melakukan apersepsi

a.       mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya (termasuk kemampuanprasyarat), mengajukan pertanyaan menantang, menyampaikanmanfaat materi pembelajaran, mendemonstrasikan sesuatuyang terkait dengan materi pembelajaran
b.     Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dalam rencana kegiatan
b.      menyampaikan kemampuan yang akan dicapai dengan bahasa peserta didik, misalnya dengan mengatakan bahwa setelahpembelajaran selesai siswa dapat menjelaskan faktor-faktorpenyebab gempa bumi. Rencana kegiatan misalnya, individual,kerja kelompok, dan melakukan observasi

2.         Indikator Kinerja 2.2: Penguasaan Materi Pelajaran
Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan kemajuan siswa dan lain-lain), catatan hasil pengamatan pembelajaran, catatan hasil wawancara dengan guru, dsb.

BUTIR PENILAIAN KINERJA

RUBRIK PENILAIAN

a.       Kemampuan menyesuiakan materi dengan tujuan pembelajaran.
a.       materi yang disampaikan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dirumuskan dalam RPP
b.      Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan,  perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata .
b.      materi yang disampaikan dikaitkan dengan bidang studi lainnya, misalnya mengaitkan aristmatik (operasi bilangan)dengan IPS (transaksi ekonomi).
c.       Tingkat ketepatan pembahasan dengan materi pembelajaran.
c.       materi ajar sesuai dengan topik yang dibahas
d.      Kemampuan menyajikan materi secara sistematis  (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)
d.      materi disampaikan secara sistematis  (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak

3.         Indikator Kinerja 2.3: Pendekatan/Strategi  pembelajaran
Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan kemajuan siswa dan lain-lain),  catatan hasil pengamatan pembelajaran, catatan hasil wawancara dengan peserta didik, dsb.

BUTIR PENILAIAN KINERJA

RUBRIK PENILAIAN

a.       Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai

a.       materi, strategi dan kegiatan belajar sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai  (kognitif, psikomotor, dan afektif)
b.      Melaksanakan pembelajaran secara runtut
b.      Materi disajikan  sistematis dengan menggunakan stragi pembelajaran yang tepat
c.       Menguasai kelas

c.       Perhatian peserta didik terfokus pada belajar, disiplin kelas terpelihara, dan kelas terkendali
d.      Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual

d.      materi ajar disampaikansesuai dengan kondisi kehidupan nyata dan memiliki manfaat dalam kehidupan sehari-hari peserta didik
e.      Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect)

e.      kegiatan belajar dapat mendorong kebiasaan peserta didik untuk bekerjasama, saling menghargai, bertanggung-jawab berpikir kritis, dsb.
f.        Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
f.        pembelajaran dimulai dan diakhiri sesuai dengan alokasi waktu yang disediakan

4.         Indikator Kinerja 2.3: Pemanfaatan sumber belajar /media pembelajaran
Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan kemajuan siswa dan lain-lain), catatan hasil pengamatan pembelajaran, hasil wawancara dengan siswa, dsb
BUTIR PENILAIAN KINERJA

RUBRIK PENILAIAN

a.       Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar/media pembelajaran

a.       guru terampil memanfaatkan lingkungan dan sumber belajar lainnya serta dapat menggunakan media pembelajaran (alat laboratorium, TIK, media lainnya)  untuk mencapai target sesuai dengan alokasi waktu
b.      Menghasilkan pesan yang menarik

b.      media yang digunakan dapat menusatkan perhatian peserta didik, sehingga pesan dapat ditangkap dengan jelas
c.       Melibatkan siswa dalam pembuatan dan pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran
c.       peserta didik dilibatkan dalam pembuatan dan pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran

5.         Indikator Kinerja 2.4: Pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan  siswa
Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan kemajuan siswa dan lain-lain), catatan hasil pengamtan pembelajaran
BUTIR PENILAIAN KINERJA

RUBRIK PENILAIAN

a.       Menumbuhkan partisipasi aktif siswa melalui interaksi guru, siswa, sumber belajar

a.       kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan mendorong interaksi aktif antara guru dengan peserta didik antar peserta didik secara mental, emosional, maupun fisik
b.      Merespon positif partisipasi siswa
b.      guru merespon positif terhadap aktifitas peserta didik (misalnya memberikan pujian, meminta peserta didik lain untuk menanggapi peserta didik lain, menegur yang melanggar disipilin tanpa harus merendah harga diri yang ditegur, dsb)
c.       Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons siswa

c.       guru menghargai pendapat peserta didik, mengakui kebenaran dan mengakui keterbatasan diri peserta didik
d.      Menunjukkan hubungan antarpribadi yang kondusif

d.      menunjuk sikap ramah, luwes, hangat, sopan,  menghargai keragaman budaya dan latar belakang peserta didik
e.      Menumbuhkan keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar
e.      suasana belajar yang menyenang dan menarik

6.         Indikator Kinerja 2.4: Penggunaan bahasa
Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan kemajuan siswa dan lain-lain), catatan hasil pengamatan pembelajaran, dsb
BUTIR PENILAIAN KINERJA

RUBRIK PENILAIAN

a.       Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar
a.       bahasa lisan yang digunakan guru mudah,jelas dan tidak menimbulkan salah tafsir serta dapat dimengerti oleh peserta didik sesuai tingkat perkembangannya
b.      Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar

b.      bahasan tulisan (misalnya RKS, soal, modul, dsb) yang digunakan  memenuhi kaidah bahasa yang benar, mudah,jelas dan tidak menimbulkan salah tafsir serta dapat dimengerti oleh peserta didik sesuai tingkat perkembangannya
c.       Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai
c.       informasi disampaikan dengan ekspresi wajah, intonasi suara, gerak tubuh sesuai dengan pesan yang disampaikan



7.         Indikator Kinerja 2.5: Kemampuan Mengakhiri Pembelajaran yang Efektif

Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan kemajuan siswa dan lain-lain), catatan hasil pengamatan pembelajaran, dsb
BUTIR PENILAIAN KINERJA

RUBRIK PENILAIAN

a.       Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa

a.       guru mengajak siswa mengingat kembali hal-hal penting yang sudah terjadi dalam kegiatan belajar (misalnya mengajukan pertanyaan tentang proses, materi dan kejadian lainnya) dan menfasilitasi peserta didik dalam membuat rangkuman

b.      Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan
b.      memberikan kegiatan/tugas khusus bagi peserta didik yang belum dan telah mencapai kompetensi (misalnya dalam bentuk latihan, bantuan belajar, tugas khusus sebagai tutor sebaya, dsb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar