Senin, 29 Oktober 2012

Rubrik Penilaian Pembelajaran PK-Guru


III. PENILAIAN PEMBELAJARAN

1.         Indikator Kinerja 3.1: Guru merancang alat evaluasi untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik

Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kumpulan instrumen penilaian dan daftar nilai peserta didik Bahan Ajar, Media Pembelajaran,Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas,Cacatan Kemajuan, Daftar Hadir Peserta didik dan lain-lain), catatan hasil wawancara dengan guru, dsb.
BUTIR PENILAIAN KINERJA

RUBRIK PENILAIAN

a.       Kesesuaian teknik dan jenis penilaian (tes lisan, tes tertulis, tes perbuatan) sesuai dengan tujuan pembelajaran.
a.       apakah jenis dan teknik penilai yang direncanakan dalam RPP sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
b.      Alat tes dirancang untuk dapat mengukur kemajuan belajar peserta didik dari aspek kognitif, afektif dan/atau psikomotorik.
b.      apakah alat tes yang dikembangkan dapat  mengukur kemajuan belajar peserta didik dari berbagai aspek kognitif, psikomotor dan afektif
c.       Rancangan penilaian portofolio peserta didik minimal 1 kali per semester
c.       apakah guru merancang penilaian portofolio dalam bentuk pemberian tugas terstruktur (misalnya menulis resensi buku, membuat laporan kerja lapangan/studi banding, penelitian kecil, tugas proyek, dsb)
d.      Hasil analisis penilaian sebelumnya (UH, UAS, UN) digunakan  untuk keperluan program perbaikan (remedial,  pengayaan, dan/atau menyempurnakan rancangan dan/atau pelaksanaan pembelajaran)
d.      apakah guru melakukan analisis hasil penilaian (lihat hasil analisisnya) dan menggunakannya untuk penyempurnaan rancangan dan/atau pelaksanaan pembelajaran.
Catatan: masing-masing pernyataan tersebut di atas dapat juga didiskusikan kepada guru

2.         Indikator Kinerja 3.1: Guru menggunakan berbagai strategi dan metode penilaian  untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis dalam RPP.

Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kumpulan instrumen penilaian dan daftar nilai peserta didik Bahan Ajar, Media Pembelajaran,Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas,Cacatan Kemajuan, Daftar Hadir Peserta didik dan lain-lain), catatan hasil pengamatan pembelajaran, dsb

BUTIR PENILAIAN KINERJA

RUBRIK PENILAIAN

a.       Menggunakan teknik penilaian otentik (kuis, pertanyaan lisan, pemberian tugas, dsb.) untuk memantau kemajuan belajar peserta didik.

a.       apakah selama proses pembelajaran guru melaksanakan aktifitas penilaian proses untuk mengukur kemajuan belajar dengan menggunakan berbagai teknik penilaian (misalnya kuis, pertanyaan lisan, pemberian tugas, dsb)
b.      Menggunakan teknik penilaian (ulangan harian, tengah semester, dan ulangan semester) disusun untuk mengukur hasil belajar peserta didik dalam aspek kognitif, afektif dan/atau psikomotor.
b.      apakah diakhir pembelajaran guru melaksanakan aktifitas penilaian berkala untuk mengukur hasil belajar dengan menggunakan berbagai teknik penilaian (misalnya ulangan harian, tengah semester, dan ulangan semester)
c.       Menerapkan penilaian portofolio dalam bentuk tugas terstruktur

c.       apakah guru melaksanakan penilaian portofolio peserta didik yang dibuktikan dengan hasil tugas-tugas terstruktur (misalnya resensi buku, laporan kerja lapangan/studi banding, laporan pelaksanaan penelitian kecil, laporan tugas proyek, dsb)
d.      Menggunakan alat penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan materi ajar sebagaimana disusun dalam RPP.
d.      apakah alat dan teknik pelaksanaan penilaian tersebut di atas sesuai dengan materi dan dapat mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran

3.         Indikator Kinerja 3.1: Guru memanfatkan berbagai  hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan  bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya

Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kumpulan instrumen penilaian dan daftar nilai peserta didik Bahan Ajar, Media Pembelajaran,Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas,Cacatan Kemajuan, Daftar Hadir Peserta didik dan lain-lain), catatan hasil wawancara dengan peserta didik, orang tua dan mungkin kolega, rencana dan program pelaksanaan pengembangan keprofesian berkelanjutan, sertifikat pelaksanaan keprofesian berkelanjutan, dsb
BUTIR PENILAIAN KINERJA

RUBRIK PENILAIAN

a.       Menggunakan hasil analisis penilaian untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang mudah, sedang dan sulit sehingga diketahui kekuatan dan kelemahan masing-masing peserta didik untuk keperluan remedial dan pengayaan.
a.       apakah guru melakukan dan memiliki hasil analisis penilaian untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang mudah, sedang dan sulit untuk kegiatan remedial dan pengayaan

b.      Menggunakan hasil penilaian untuk menyempurnakan rancangan dan/atau pelaksanaan pembelajaran

b.      apakah hasil penilaian digunakan guru dalam penyempurnakan rancangan dan pelaksanaan pembelajaran (diskusikan dan minta guru menjelaskannya dengan menggunakan RPP)
c.       Melaporkan kemajuan dan hasil belajar peserta didik kepada orang tua, teman guru dan bagi peserta didik sebagai refleksi belajarnya
c.       apakah guru memiliki catatan kemajuan dan hasil belajar peserta didik dan catatan hasil diskusiorang tua dan teman sejawat. Guru juga mengembalikan hasil hasil penilaian yang telah diberikan komentar kepada peserta didik sebagai refleksi (dapat dilakukan melalui wawancara dengan peserta didik, orang tua, dan teman sejawat serta menunjukkan hasil tes yang telah dikoreksi dan diberikan komentar)
d.      Memanfaatkan hasil penilaian secara efektif untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, tantangan dan masalah potensial untuk peningkatan keprofesian dalam menunjang proses pembelajaran
d.      guru dapat membuktikan kegiatan pengembangan keprofesian yang telah  diikutinya didasarkan pada hasil penilaian belajar peserta didik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar