III. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.
Indikator Kinerja 3.1: Guru merancang alat evaluasi untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan
belajar peserta didik
Dokumen
yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap
(misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kumpulan instrumen penilaian dan daftar nilai
peserta didik Bahan
Ajar, Media Pembelajaran,Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik, Jurnal Kelas,Cacatan Kemajuan, Daftar Hadir Peserta didik dan lain-lain), catatan hasil
wawancara dengan guru, dsb.
BUTIR PENILAIAN
KINERJA
|
RUBRIK
PENILAIAN
|
a.
Kesesuaian teknik dan jenis penilaian (tes lisan,
tes tertulis, tes perbuatan) sesuai dengan tujuan pembelajaran.
|
a.
apakah jenis dan teknik penilai yang direncanakan
dalam RPP sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
|
b.
Alat tes dirancang untuk dapat mengukur kemajuan
belajar peserta didik dari aspek kognitif, afektif dan/atau psikomotorik.
|
b.
apakah alat tes yang dikembangkan dapat mengukur kemajuan belajar peserta didik
dari berbagai aspek kognitif, psikomotor dan afektif
|
c. Rancangan
penilaian portofolio peserta didik minimal 1 kali per semester
|
c.
apakah guru merancang penilaian portofolio dalam
bentuk pemberian tugas terstruktur (misalnya menulis resensi buku, membuat
laporan kerja lapangan/studi banding, penelitian kecil, tugas proyek, dsb)
|
d. Hasil analisis
penilaian sebelumnya (UH, UAS, UN) digunakan
untuk keperluan program perbaikan (remedial, pengayaan, dan/atau menyempurnakan
rancangan dan/atau pelaksanaan pembelajaran)
|
d.
apakah guru melakukan analisis hasil penilaian
(lihat hasil analisisnya) dan menggunakannya untuk penyempurnaan rancangan
dan/atau pelaksanaan pembelajaran.
Catatan:
masing-masing pernyataan tersebut di atas dapat juga didiskusikan kepada guru
|
2.
Indikator Kinerja 3.1: Guru menggunakan berbagai strategi dan metode penilaian untuk memantau kemajuan dan hasil belajar
peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis
dalam RPP.
Dokumen
yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap
(misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kumpulan instrumen penilaian dan daftar nilai
peserta didik Bahan
Ajar, Media Pembelajaran,Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik, Jurnal Kelas,Cacatan Kemajuan, Daftar Hadir Peserta didik dan lain-lain), catatan hasil
pengamatan pembelajaran, dsb
BUTIR PENILAIAN
KINERJA
|
RUBRIK
PENILAIAN
|
a.
Menggunakan teknik penilaian otentik (kuis,
pertanyaan lisan, pemberian tugas, dsb.) untuk memantau kemajuan belajar
peserta didik.
|
a.
apakah selama proses pembelajaran guru melaksanakan
aktifitas penilaian proses untuk mengukur kemajuan belajar dengan menggunakan
berbagai teknik penilaian (misalnya
kuis, pertanyaan lisan, pemberian tugas, dsb)
|
b.
Menggunakan teknik penilaian (ulangan harian, tengah
semester, dan ulangan semester) disusun untuk mengukur hasil belajar peserta
didik dalam aspek kognitif, afektif dan/atau psikomotor.
|
b.
apakah diakhir pembelajaran guru melaksanakan
aktifitas penilaian berkala untuk mengukur hasil belajar dengan menggunakan
berbagai teknik penilaian (misalnya
ulangan harian, tengah semester, dan ulangan semester)
|
c.
Menerapkan penilaian portofolio dalam bentuk tugas
terstruktur
|
c.
apakah guru melaksanakan penilaian portofolio
peserta didik yang dibuktikan dengan hasil tugas-tugas terstruktur (misalnya
resensi buku, laporan kerja lapangan/studi banding, laporan pelaksanaan
penelitian kecil, laporan tugas proyek, dsb)
|
d. Menggunakan alat
penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan materi ajar sebagaimana
disusun dalam RPP.
|
d.
apakah alat dan teknik pelaksanaan penilaian
tersebut di atas sesuai dengan materi dan dapat mengukur ketercapaian tujuan
pembelajaran
|
3.
Indikator Kinerja 3.1: Guru memanfatkan berbagai hasil
penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan
belajarnya dan bahan penyusunan
rancangan pembelajaran selanjutnya
Dokumen
yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap
(misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kumpulan instrumen penilaian dan daftar nilai
peserta didik Bahan
Ajar, Media Pembelajaran,Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik, Jurnal Kelas,Cacatan Kemajuan, Daftar Hadir Peserta didik dan lain-lain), catatan hasil
wawancara dengan peserta didik, orang tua dan mungkin kolega, rencana dan
program pelaksanaan pengembangan keprofesian berkelanjutan, sertifikat
pelaksanaan keprofesian berkelanjutan, dsb
BUTIR PENILAIAN
KINERJA
|
RUBRIK
PENILAIAN
|
a.
Menggunakan hasil analisis penilaian untuk
mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang mudah, sedang dan sulit sehingga
diketahui kekuatan dan kelemahan masing-masing peserta didik untuk keperluan
remedial dan pengayaan.
|
a.
apakah guru melakukan dan memiliki hasil analisis
penilaian untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang mudah, sedang
dan sulit untuk kegiatan remedial dan pengayaan
|
b.
Menggunakan hasil penilaian untuk menyempurnakan
rancangan dan/atau pelaksanaan pembelajaran
|
b.
apakah hasil penilaian digunakan guru dalam
penyempurnakan rancangan dan pelaksanaan pembelajaran (diskusikan dan minta guru menjelaskannya dengan menggunakan RPP)
|
c.
Melaporkan kemajuan dan hasil belajar peserta didik
kepada orang tua, teman guru dan bagi peserta didik sebagai refleksi
belajarnya
|
c.
apakah guru memiliki catatan kemajuan dan hasil
belajar peserta didik dan catatan hasil diskusiorang tua dan teman sejawat.
Guru juga mengembalikan hasil hasil penilaian yang telah diberikan komentar
kepada peserta didik sebagai refleksi (dapat dilakukan melalui wawancara
dengan peserta didik, orang tua, dan teman sejawat serta menunjukkan hasil
tes yang telah dikoreksi dan diberikan komentar)
|
d.
Memanfaatkan hasil penilaian secara efektif untuk
mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, tantangan dan masalah potensial untuk
peningkatan keprofesian dalam menunjang proses pembelajaran
|
d.
guru dapat membuktikan kegiatan pengembangan
keprofesian yang telah diikutinya
didasarkan pada hasil penilaian belajar peserta didik.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar